Perlukah Vaksin Flu Pada Anak

|| || Leave a komentar


Perlukah Vaksin Flu Pada Anak (gizinutrisialami) Di negara empat musim, flu bisa menjadi penyakit yang  membahayakan. Karenanya, pemberian vaksin flu benar-benar dianjurkan. Di Indonesia sebaliknya tak jadi kewajiban. Tetapi, dapat pula dikerjakan untuk pencegahan.

Menurut studi GHC, orang-orang Indonesia yang paling cemas pada wabah flu yaitu di Bandung (26%). Angka ini lebih tinggi dari Jakarta 17%, Surabaya 14%, serta Yogyakarta 13%. Anak-anak, terlebih balita, terhitung dalam grup resiko tinggi alami komplikasi flu. Satu diantara wujud komplikasinya yaitu bronchitis serta pneumonia, serta keduanya bisa mengakibatkan kematian.

Vaksinasi flu ini tak lagi mengakibatkan penyakit flu lantaran memakai virus mati yg tidak menyebabkan infeksi. Penyuntikan vaksin membuat terbentuknya antibodi dalam badan kurang lebih dua minggu sesudahnya. Antibodi inilah yang akan membuat perlindungan badan dari infeksi yang dikarenakan oleh virus yang dipakai dalam vaksin. Ada dampak samping seperti rasa sakit ditempat suntikan, sakit kepala, serta demam. Itu lumrah serta aman kok.

Kapan baiknya diberikan pada anak? Vaksinasi dapat diberikan dari si kecil berumur 6 bln. serta baiknya diulang tiap-tiap th.. Itu lantaran virus flu senantiasa beralih, juga setiap th. senantiasa muncul virus baru. Vaksin flu juga diperbarui setiap th. hingga tak ketinggalan dengan kemunculan virus-virus baru. 

Diluar itu, sebagian studi tunjukkan bahwasanya kekebalan badan (baik yang didapat disebabkan infeksi penyakit ataupun lewat vaksinasi) pada virus bakal menyusut seiring waktu berjalan. Tak hanya vaksinasi, apa lagi yang dapat orang tua kerjakan untuk menghindar anak dari virus? Menurut Dr. Dr. H. Hindra Irawan Satari, SpA (K), MTropPaed, anggota the Global Hygiene Council 2013 dari Indonesia, chief Infectious Diseases and Tropical Pediatrics Division Child Health Departmen FKUI RSCM Jakarta, satu diantara langkah menghindar penyebaran kuman serta virus yaitu dengan mulai lakukan bersihkan serta menyemprotkan disinfektan dengan cara teratur dirumah.

Daftar Isi