Beberapa Cara Mencegah Kanker Payudara

|| || Leave a komentar


Beberapa Cara Mencegah Kanker Payudara (gizinutrisialami) | Beberapa pakar berasumsi bahwasanya kanker payudara yaitu penyakit yang sesungguhnya tak bisa dihindari. Saat ini, beberapa peneliti telah banyak tahu langkah untuk menghindarnya, setidaknya mengurangi kemungkinan terkena kanker payudara.

Berikut beberapa cara dalam mencegah kanker payudara

Adapun pendekatan dari sisi medis yaitu :

1. Obat pencegah kanker payudara.

Wanita dengan kemungkinan tinggi, yang di sebabkan karena faktor keturunan (ibu atau saudara perempuannya), dapat memperoleh terapi Tamoksifen, yang bekerja lewat cara memblokade dampak penyebab tumor dari estrogen.

2. Mastektomi sebelum saat serangan kanker. 

Untuk wanita dari keluarga dengan kemungkinan genetik yang benar-benar tinggi, ada satu mastektomi untuk pencegahan kanker payudara. Memanglah adalah satu pendekatan yang radikal, namun umumnya sukses. Mastektomi ini mengangkat jaringan payudara, namun tak semuanya, hingga kemungkinan terjadinya kanker tetap ada.

Sedang pencegahan dengan cara alami mencakup :

1. Berolah raga dengan cara teratur. 

Riset tunjukkan bahwasanya searah dengan menigkatnya kesibukan, maka kemungkinan kanker payudara bakal menyusut. Berolah raga bakal menurukan kandungan estrogen yang di produksi badan hingga kurangi kemungkinan kanker payudara.



2. Kurangi lemak. 

Anda pasti telah kerap mendengar pertentangan pendapat tentang jalinan pada kanker payudara dengan makanan berlemak. Sebagian riset tunjukkan bahwa diet rendah lemak menolong menghindar kanker payudara. Riset yang lain tunjukkan bahwa tak ada jalinan pada lemak serta kanker payudara.. Riset paling akhir menyebutkan bahwa yang lebih utama yaitu type lemaknya bukan hanya jumlah lemak yang dikonsumsi.

Type lemak yang menyebabkan kanker payudara yaitu lemak jemu dalam daging, mentega, makanan yang memiliki kandungan susu full-cream (whole-milk dairy foods) serta asam lemak dalam margarin.
Sedang type lemak yang menolong menghindar kanker payudara yaitu lemak tak-jenuh dalam minyak zaitun serta asam lemak omega-3 dalam ikan salmon serta ikan air dingin yang lain.
Lemak jemu dalam daging serta product susu serta asam lemak dalam margarin menambah kandungan estrogen dalam darah, sedang lemak tak-jenuh dalam minyak zaitun serta asam lemak omega-3 dalam ikan tak mengakibatkan kenaikan kandungan estrogen dalam darah.

3. Apabila anda konsumsi daging, janganlah dimasak terlampau matang 

Lepas dari lemak jemu yang ada dalam daging, langkah anda memasak daging bakal memengaruhi kemungkinan kanker payudara. Daging-daging yang dimasak/dipanggang membuahkan senyawa karsinogenik (amino heterosiklik). Makin lama dimasak, makin banyak senyawa ini terbentuk. Amino heterosiklik paling terdapat banyak dalam daging bakar yang susunan luarnya (kulitnya) gosong serta hitam.

4. Makan lebih banyak buah serta sayuran. 

Makin banyak buah dan sayuran yang dimakan, makin berkurang resiko terkena kanker payudara.
Makanan dari tumbuh-tumbuhan memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi, salah satunya vitamin A, C, E serta mineral selenium, yang bisa menghindar rusaknya sel yang dapat jadi pemicu terjadinya kanker. National Cancer Institute (NCI) mereferensikan untuk konsumsi buah serta sayuran sekurang-kurangnya 5 (lima) kali dalam satu hari. Namun mesti dihindari buah serta sayuran yang memiliki kandungan banyak lemak, seperti kentang goreng atau pai dengan cream pisang.



5. Konsumsi suplemen anti-oksidan. 

Suplemen tak bisa mengganti buah serta sayuran, namun satu formula anti-oksidan dapat menjadi penambah makanan yang bisa menghindari dari kanker payudara.

6. Makan lebih banyak serat. 

Tak hanya berperan untuk anti-oksidan, buah serta sayuran juga memiliki kandungan banyak serat. Makanan memiliki serat bakal mengikat estrogen dalam saluran pencernaan, hingga kandungannya dalam darah bakal menyusut.

7. Makan lebih banyak tahu serta makanan yang memiliki kandungan kedelai. 

Beberapa makanan yang datang dari kedelai banyak memiliki kandungan estrogen tumbuhan (fito-estrogen). Seperti tamoksifen, senyawa ini serupa dengan estrogen badan, namun lebih lemah. Fito-estrogen terikat pada reseptor sel yang sama juga dengan estrogen badan, mengikatnya keluar dari sel payudara hingga kurangi dampak penyebab kanker payudara.

Tak hanya menghambat estrogen badan untuk meraih sel reseptor, makanan berkedelai juga mempercepat pengeluaran estrogen dari badan.

8. Makan semakin banyak kacang-kacangan.

Tak hanya dalam kedelai, fito-estrogen juga ada dalam type kacang-kacangan yang lain.

9. Jauhi alkohol. 

Banyak riset yang tunjukkan bahwasanya makin banyak konsumsi alkohol, maka kemungkinan kanker payudara makin jadi tambah lantaran alkohol menambah kandungan estrogen dalam darah.

10. Cermati berat tubuh anda. 

Kenaikan berat tubuh tiap-tiap pon sesudah umur 18 th. bakal menaikkan kemungkinan kanker payudara. Ini dikarenakan lantaran searah dengan pertambahan lemak badan, maka kandungan estrogen untuk hormon penyebab kanker payudara dalam darahpun bakal meningkat.

11. Jauhi xeno-estrogens. 

Xeno-estrogen tujuannya estrogen yang datang dari luar badan.

Wanita konsumsi estrogen dari luar badan terlebih yang datang dari residu hormon estrogenik yang ada dalam daging serta residu pesitisida estrogenik. Disangka xeno-estrogen dapat menambah kandungan estrogen darah hingga menaikkan kemungkinan kanker payudara.

Langkah paling baik untuk hindari xeno-estrogen yaitu dengan kurangi konsumsi daging, unggas (ayam-itik) serta product susu (whole-milk dairy product).

Namun anda tak perlu cemas dengan adanya banyak makan buah serta sayuran, lantaran dampak anti-oksidan serta kandungan seratnya semakin banyak dari pada dampak residu pestisidanya.

12. Berjemur di bawah cahaya matahari. 

Meningkatnya angka peristiwa kanker kulit (Melanoma maligna) jadikan kita takut bakal cahaya matahari. Namun sedikit cahaya matahari bisa menolong menghindar kanker payudara, lantaran pada waktu matahari tentang kulit, badan bikin vitamin D. Vitamin D bakal menolong jaringan payudara menyerap kalsium hingga kurangi kemungkinan kanker payudara. Supaya dapat beroleh cahaya matahari sepanjang 20 menit/hari, disarankan untuk jalan di bawah cahaya matahari pada siang hari atau sore hari. Namun apabila anda mau memperoleh kalsium atau vitamin D tak dari cahaya matahari, anda bisa coba konsumsi makanan suplemen.

13. Janganlah merokok.

Merokok bakal menambah kemungkinan kanker payudara.

14. Menyusui/berikan ASI pada anak anda 

Untuk penjelasan yang belum jelas, menyusui dapat mengurangi kemungkinan kanker payudara sebelum saat saat menopause.

15. Pikirkan kembali sebelum saat memakai terapi pengganti hormon (Hormone Replacement Therapy = HRT). 

Terdapat banyak argumen bagus untuk lakukan HRT setelah saat menopause, yakni kurangi kemungkinan penyakit jantung, osteoporosis serta penyakit Alzheimer�s. Namun HRT bakal menaikkan kemungkinan kanker payudara. Bicarakan dengan dokter anda serta pikirkan resiko-resiko yang barangkali timbul, lantaran umumnya wanita lebih tinggi resikonya untuk menanggung derita penyakit jantung, dari pada kanker payudara.

Paling akhir, satu lagi hal yang bisa memengaruhi kemungkinan terkena kanker payudara yaitu stress.

Literatur medis mengatakan bahwasanya stress bisa menigkatkan kemungkinan kanker payudara. Namun riset perihal hal semacam ini tetap berbentuk kontroversial. Tetapi tak ada kelirunya untuk mengawali langkah menangani stress dalam hidup anda lewat meditasai, yoga, tai chi, berkebun atau aktivitas enjoy yang lain.

Daftar Isi