Tips Mengatasi Mual Muntah Pada Ibu Hamil

|| || Leave a komentar
Mengatasi Mual Pada Ibu Hamil
Tips Mengatasi Mual Muntah Pada Ibu Hamil (gizinutrisialami)-Mual muntah umumnya adalah tanda berlangsungnya kehamilan. Hal ini lumrah terjadi. Hampir tiap-tiap ibu hamil mengalami mual muntah atau morning sickness terlebih pada trimester pertama kehamilan atau sepanjang 3 bulan pertama.

Tiap-tiap wanita hamil tidak sama satu sama lain. Ada yang mengalami mual muntah yang berlebih hingga membutuhkan penyembuhan serta ada yang justru tak rasakan mual sekalipun.

Beberapa hal yang mengakibatkan ibu hamil muda mengalami mual muntah adalah :


  1. Meningkatnya hormon Estrogen. Meningkatnya hormon estrogen membuat kandungan asam lambung meningkat, sehingga menimbulkan rasa mual. Keluhan ini umumnya terjadi pada pagi hari waktu perut ibu dalam keadaan kosong serta berlangsung peningkatan asam lambung.
  2. Factor HCG. HCG yaitu Human Chorionic Gonodotrophin yang dihasilkan plasenta di awal kehamilan dianggap adalah pemicu munculnya rasa mual. Tidak heran apabila keluhan mual muntah umumnya dapat mereda dangan sendirinya seiring pertambahan umur kehamilan. 
  3. Berubahnya metabolisme glikogen hati. Inilah yang dianggap bisa menyebabkan timbulnya mual serta muntah. Tetapi keluhan ini dapat hilang saat berlangsung kompensasi metabolisme glikogen dalam tubuh. 
  4. Factor psikologis di mana seorang ibu yang sedang hamil muda, belum siap hamil, atau jadi tak inginkan kehamilan lazimnya dapat merasa sedemikian tertekan. Perasaan tertekan inilah yang makin menyebabkan mual serta muntah. 

Ibu hamil yang alami mual muntah umumnya sulit makan yang berimbas pada berat badan serta gizi janin. Karenanya, walau mual muntah dianggap wajar, baiknya ditangani supaya gizi anak terus terjamin. 

Berikut sebagian panduan untuk menangani mual muntah waktu hamil muda : 


  • Makan dalam jumlah sedikit namun sering, janganlah makan dalam jumlah atau porsi besar di karenakan cuma dapat membuat anda jadi tambah mual. Berusahalah makan pada saat anda bisa makan, dengan porsi kecil namun sering.
  • Makan makanan yang tinggi karbohidrat serta protein yang bisa membantu menangani rasa mual anda. Banyak mengonsumsi buah serta sayuran serta makanan yang tinggi karbohidrat seperti roti, kentang, biscuit, dan lain-lain.
  • Pada pagi hari pada saat bangun tidur janganlah segera tergesa-gesa terbangun, coba duduk dulu serta perlahan bangun. Apabila anda merasa amat mual saat bangun tidur pagi siapkanlah snack atau biscuit didekat area tidur anda, serta anda bisa memakannya dulu sebelum saat anda berusaha untuk berdiri. 
  • Jauhi makanan yang bisa menyebabkan produksi gas berlebih di lambung seperti nangka, kol, durian, dan sebagainya. 
  • Jauhi makanan yang berlemak, berminyak serta pedas yang dapat memperburuk rasa mual anda. 
  • Minum yang cukup untuk hindari dehidrasi disebabkan muntah. Minumlah air putih, maupun juice. Jauhi minuman yang memiliki kandungan kafein serta karbonat. 
  • Vitamin kehamilan terkadang memperburuk rasa mual, namun anda terus membutuhkan folat utk kehamilan anda ini. Apabila mual muntah amat hebat, tanyakan ke dokter anda hingga bisa diberikan anjuran paling baik utk vitamin yang dapat anda mengonsumsi. Serta dokter anda barangkali dapat berikan obat untuk mual apabila memanglah dibutuhkan. 
  • Vitamin. B6 efisien untuk kurangi rasa mual pada ibu hamil. Baiknya Tanyakan dulu dengan dokter anda untuk penggunaannya.
  • Penyembuhan Tradisional : Umumnya orang memakai jahe saat mengurangi rasa mual pada beragam penyembuhan tradisional. Penelitian di Australia menyebutkan bahwasanya jahe bisa dipakai sebagai obat tradisional untuk menangani rasa mual serta aman untuk ibu serta bayi. Pada sebagian wanita hamil ada yang mengonsumsi jahe segar atau permen jahe untuk menbantu menangani rasa mualnya. 
  • Istirahat serta relax dapat amat menolong anda menangani rasa mual muntah. Di karenakan apabila anda stress cuma dapat memperburuk rasa mual anda. . Ambilah waktu buat anda! coba beristirahat yang cukup serta enjoy, dengarkan musik, membaca buku bayi atau majalah yang paling disayangi anda dan lain-lain. Hadapilah kehamilan anda dengan kebahagian, di karenakan ini yaitu anugerahNya. 


Jika Anda alami mual yang berlebih, lekas tanyakan ke Dokter kandungan Anda, untuk memperoleh perawatan. Demikianlah panduan menangani morning sickness pada ibu hamil muda.

Daftar Isi